Belajar IELTS Experience
From TOEFL 414 To IELTS 7.0
March 3, 2018
0

Sering gak sih kita mendengar kata bagaimana sih cara belajar IELTS yang cepat? atau berapa lama sih harus belajar IELTS? kalau mempunyai problem yang sama silahkan simak penjabaran berikut.

Sebenarnya tidak ada acuan yang khusus atau baku mengenai hal tersebut, akan tetapi disini aku akan jelaskan metode yang effektif dan mungkin tipe ini akan cocok dengan orang seperti aku yang cepat bosen dengan belajar di meja.

1. Listening

kalian pasti pernah dengar cara meeningkatkan listening dengan cepat bukan? Yaap, ada yang menganjurkan dengerin BBC, latihan soal listening IELTS berkali-kali atau ngobrol sama temen pakai bahasa inggris. Metode tersebut tidak salah tp kadang membosankan banget. Aku sendiri pernah download komplit podcast british council sambil baca text, bosen dan gak terlalu berefek banyak.

Ada cara simpel dan enak yaitu Nonton FILM Animasi, seperti UP, Moana, Wall-E dan lain-lain dengan Text Bahasa Inggris. hindari nonton Film Hollywood dll.

Up

kenapa harus film animasi? gini singkatnya, kalau di luar negeri kemampuan kita itu sama banget seperti anak kecil di negara tersebut misalkan UK. untuk melatih pendengaran yang baik dibutuhkan pronunciation yang baik pula. Film animasi memang di peruntukan untuk anak dan remaja, ini cocok banget buat latihan. Aku dulu download film animasi banyak banget hingga aku siap untuk listening. Tidak ada batasan berapa lama tp ketika sudah enak dengerin nya baru pakai soal listening IELTS.

Untuk yang sudah expert mending download listening dari Beijing Press itu soal-soal bagus dibandingkan soal langsung dari Cambridge untuk latihan listening.

2. Speaking

belajar speaking sendiri adalah salah satu contoh yang baik dan itu tidaklah salah tp ada beberapa hal yang harus dilakukan biar cepat belajar speaking yaitu dengan cara Merekam. Ini penting sekali menurutku, memang pada awalnya kita agak geli sendiri mendengar suara kita yang gak enak didengar tp ketika kita membicarakan suatu topik dan kita rekam. Coba putar ulang disana kita bakal mengetahu letak Grammar dan cara speaking yang salah, ulangin lagi hingga satu topik itu bagus cerita nya.

Note : Jangan Pernah Dihafalkan

3. Writing

kebanyakan dari kita nulis IELTS pastinya akan berfikir dengan serius apa yang kita tulis, takut salah, takut jelek, takut gak jelas. Itu bener lho, aku rasakan sendiri. Tp konsep itu tidak tepat, ketika aku kuliah di UK hal itu membuat kita gak bisa menuliskan ide sama sekali. sebaiknya adalah Tulis dahulu baru Direvisi, untuk awal jangan terpaku oleh waktu, tulis saja dulu. Metode ini sangat bagus, mulai menulis 3000-4000 kata/hari/topik karena ini akan membantu ketika kita kuliah.

4. Reading

Aku sendiri cenderung untuk baca berita atau buku berbahasa inggris dibanding buku IELTS, karena itu akan menarik dibandingkan membaca sekedar text atau ilmu hanya sepenggal. Biasanya aku cari tuh judul yang ada di IELTS, mana yang menarik aku cari bukunya atau artikel yang komplit. Baca dengan seksama, dan ingat catat Vocab yang baru, ini lebih baik dibandingkan hafalan tiap vocab. Dengan membaca komplit cerita di buku atau artikel nantinya secara tidak langsung kita akan paham penggunaan vocab dalam text

 

About author

Mirza Idham Saifuddin

An young entrepreneur which loves traveling and sharing

Related items

/ You may check this items as well

IMG_6694

Q & A : Pengalaman Hidup di UK

Sering gak sih kita mendengar kata bagaimana sih c...

Read more
Mirza

Q & A : Persiapan untuk studi ke UK

Sering gak sih kita mendengar kata bagaimana sih c...

Read more
4113860402111

Cara Menulis Chevening Essay [Leadership & Influence Question]

Sering gak sih kita mendengar kata bagaimana sih c...

Read more

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *