All about entrepreneur
Pengusaha Level 1 (newcomer)
March 15, 2016
0
,

Sebelum memasuki apa itu pengusaha Level 1 alangkah baiknya kita mengetahui apa itu pengusaha (entrepreneur). Pengusaha adalah suatu pekerjaan dengan membuka usaha sendiri dengan berbagai jenis usaha meliputi makanan, busana maupun industri manufaktur.

Sebenarnya tidak ada kategori khusus seperti pengusaha Level 1, hal ini aku bentuk untuk mempermudah dimana letak kemampuan kita dan apa yang seharusnya kita lakukan. Untuk saat ini aku hanya bisa membuat 3 kategori saja karena pengalamanku masih berhenti disitu. Tidak menutup kemungkinan ada Level yang selanjutnya yaitu level 4 bahkan sampai level 6.

Sekarang kita masuk dalam pengusaha Level 1. Pengusaha ini masih terbilang baru dan masih memiliki pengalaman yang minim sehingga apapun yang dia lakukan akan banyak kendala yang dihadapi. Pengusaha level ini biasanya berfikir bahwa masalah terbesar dalam bisnis adalah

  1. Modal

Jika anda bertemu dengan rekan atau teman yang ingin berbisnis, dia masih bingung modal darimana dia harus dapatkan untuk membuat bisnis maka rekan anda adalah pengusaha level 1.

  1. Membuat ide

Kendala ke 2 adalah ide, pengusaha ini bingung usaha apa yang sebaiknya dijalankan.

  1. Cara berbisnis

Yang terakhir adalah pengusaha itu bingung bagaimana cara berbisnis.

Disamping kendala yang dihadapi, pengusaha harus bisa mencari jalan keluar yang terbaik. Metode tersebut antara lain :

  1. Membuat Ide

Ide bisnis bisa berdasarkan apa yang kita lakukan karena hal itu akan lebih mudah kita jalankan. Sebagai contoh aku suka memasak, bisnis yang kita jalankan seperti catering, frozen food atau membuat stand makanan. B

Q : Bukannya ide harus kreatif?

A : benar, bila ide tersebut bisa langsung kreatif akan lebih bagus tetapi bisnis yang sudah ada sebelumnya masih memberikan keuntungan yang cukup besar seperti berjualan martabak di pinggir jalan. Keuntungan dari itu saja bisa mencapai 15 juta/ bulan apalagi ditambah dengan ide yang kreatif. Untuk awal lebih mudah dengan ide-ide yang sederhana saja.

  1. Bikin usaha dengan modal maksimum 1 juta

Pengusaha level 1 mempunyai pengalaman yang minim, sehingga untuk menghindari kerugian yang sangat besar alangkah baiknya menggunakan cara ini. aku mempunyai kenalan, dia berbisnis dengan modal 100juta dan aku piker dia masih level 1 dan akhirnya usaha yang dia bangun gulung tikar. Bila ada pertanyaan

Q : Apakah level 2 dan 3 tidak mengalami bangkrut?

A: Pengusaha level 1 mempunyai kapasitas mengelola perputaran uang masih kecil, bisa jadi dia sukses dengan modal besar akan tetapi alangkah baiknya kita cari cara dengan modal minim. Dengan metode ini kita akan berfikir bahwa modal kecil bisa berjalan

Q : Misalkan aku ingin usaha makanan, modal harus besar dong?

A : coba berfikir dengan rileks, sebagai contoh kita berbisnis catering. Coba bekerja sama dengan tetangga atau dengan orang yang pintar masak didaerah tersebut. Bikin katalog yang bagus kira-kira habis 100ribu. Setelah itu promosikan catering tersebut. Bila ada pesanan, kita meminta pelanggan untuk bayar DP. Selanjutnya, setelah acara selesai kita akan mendapatkan pembayaran penuh, mudah bukan?. Hilangkan sejelak berinvestasi alat-alat masak, yang terpenting adalah usaha itu berjalan dan kita usaha besar barulah kita berinvestasi.

  1. Lakukan dulu apapun yang terjadi

Sepertinya yang aku katakan tadi, pengalaman pengusaha ini masih minim sehingga tambahlah pengalaman di dunia bisnis. Orang yang mengatakan ketiga masalah diatas kemungkinan ada 2 : yaitu baru pertama kali bisnis (mau memulai) dan baru 1-2x bisnis. Coba setelah dapat ide jalankan terlebih dahulu dengan modal minim seperti no 1 kedepan nya pertanyaan pertanyaan diatas dapat diatasi.

Memang tidak semua orang cocok dengan saran ini, akan tetapi sebagian besar mungkin bisa menjalankan. Dan bila anda sudah tidak mengalamu kendala diatas berarti anda bukan pengusaha level 1 melainkan pengusaha level 2 atau level 3 yang selanjutnya akan aku bahas.

About author

Mirza Idham Saifuddin

An young entrepreneur which loves traveling and sharing

There are 0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *